-->

Keagungan Dan Keutamaan Hari Jum'at Serta Keunggulan - Keunggulannya Dari Hari - Hari Yang Lainnya



Sunnah Jum' at

سنن ابن ماجه ١٠٧٥: حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ عَلِيٍّ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ يَزِيدَ بْنِ جَابِرٍ عَنْ أَبِي الْأَشْعَثِ الصَّنْعَانِيِّ
 عَنْ أَوْسِ بْنِ أَوْسٍ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ النَّفْخَةُ وَفِيهِ الصَّعْقَةُ فَأَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنْ الصَّلَاةِ فِيهِ فَإِنَّ صَلَاتَكُمْ مَعْرُوضَةٌ عَلَيَّ فَقَالَ رَجُلٌ يَا رَسُولَ اللَّهِ كَيْفَ تُعْرَضُ صَلَاتُنَا عَلَيْكَ وَقَدْ أَرَمْتَ يَعْنِي بَلِيتَ
 فَقَالَ إِنَّ اللَّهَ حَرَّمَ عَلَى الْأَرْضِ أَنْ تَأْكُلَ أَجْسَادَ الْأَنْبِيَاءِ

Dalam riwayat  Sunan Ibnu Majah 1075: Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah berkata: telah menceritakan kepada kami Al Husain bin Ali dari 'Abdurrahman bin Jabir dari Abu Al Asy'ats Ash Shan'ani dari Aus bin Aus ia berkata: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Sesungguhnya hari yang paling utama dari hari-hari kalian adalah hari jum'at, pada hari itu Adam diciptakan, sangkakala ditiup dan di hari itu datang hari kiamat. Maka perbanyaklah shalawat kepadaku pada hari itu, sesungguhnya shalawat kalian akan sampai kepadaku. " Seorang laki-laki bertanya, "Wahai Rasulullah, bagaimana shalawat kami bisa sampai kepadamu, sementara engkau telah tiada dan jasadmu telah hancur?" Beliau menjawab: "Allah telah mengharamkan bagi bumi untuk makan jasad para Nabi. "

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pun pernah bersabda, “Sesungguhnya hari yang paling utama bagikalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah sholawat kepadaku di dalamnya, karena sholawat kalian akan ditunjukkan kepadaku, para sahabat berkata: "Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah?’"Nabi bersabda: "Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi.” (Shohih. HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An-Nasa’i)

Salah satunya keistimewaan lain di hari Jumat adalah dimana saat-saat dikabulkannya doa seorang hamba, yaitu pada saat-saat terakhir setelah salat ashar ( seperti yang dijelaskan dalam banyak riwayat atau hadis ) dan diantara duduknya Imam di atas mimbar pada saat berkhutbah Jumat sampai selesainya sholat Jumat.

Nah daripada kita bahaskesana kesini mari kita bahas apa saja amalan-amalan dan keunggulan keunggulan pada hari Jumat.

 Amalan Mulia

Allah Subhanahu Wa Ta'ala mengkhususkan di hari Jumat ini hanya bagi kaum muslimin dan seluruh kaum dari umat-umat terdahulu. Di dalamnya banyak sekali rahasia dan keutamaan-keutamaan Yang datangnya langsung dari Allah subhanahu wa ta'ala.

Beberapa rahasia keagungan serta keutamaan pada hari Jumat adalah sebagai berikut ;


1 ). Pertama, hari keberkahan.

Dimana  hari Jumat banyak berkumpul kaum muslimin
di masjid - masjid untuk mengikuti shalat Jumat dan sebelumnya mendengarkan
dua khutbah Jumat yang mengandung manfaat agama dan dunia.
bahkan Imam as-suyuthi menyebut ada 1001 keistimewaan.

 2 ). kedua, hari dikabulkannya do'a. 

Diantara rahasia keutamaan hari Jumat  Yang lain adalah terdapat waktu-waktu dimana dikabulkannya doa. Di hari Jumat itu terdapat suatu waktu yang jika seorang muslim melakukan ibadah shalat didalamnya serta memohon sesuatu kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala niscaya doanya akan dikabulkan,’Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu." hadis riwayat Bukhari dan Muslim." "Dari Abu Hurairah,' ;Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pernah bersabda Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat  waktu mustajab bila seorang hamba muslim melakukan salat atau menunaikan salat dan memohon sesuatu serta meminta kepada Allah pada waktu itu niscaya Allah akan mengabulkannya " hadits riwayat muttafaqun Alaihi ".


3 ). Ketiga, hari diperintahkannya salat Jumat

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, "Hendkalah kaum - kaum itu berhenti dari meninggalkan shalat  Jumat atau jika tidak Allah pasti akan mengunci hari mereka kemudian mereka pasti menjadi orang-orang yang lalai "Hadits Riwayat Muslim".
Dalam riwayat lain Rasulullah bersabda shalat Jum' at adalah hak yang diwajibkan kepada setiap orang muslim kecuali 4 orang diantaranya budak atau wanita anak kecil dan orang yang lagi sakit hadis " riwayat Abu Daud ".

4 ).  keempat, hari pembeda antara Islam dan non muslim
.
Hari Jumat adalah hari istimewa bagi kaum muslimin, selain itu diberikan nabi untuk membedakan antara hari orang-orang muslim dengan orang Yahudi dan orang-orang Nasrani.

"I mam Abu Hurairah meriwayatkan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, " Allah telah memalingkan orang-orang sebelum kita untuk menjadikan hari Jumat sebagai hari raya mereka oleh karenanya hari raya orang Yahudi Adalah hari Sabtu dan hari raya orang-orang nasrani yaitu pada hari Ahad kemudian Allah memberikan bimbingan kepada kita untuk menjadikan hari Jum' at sebagai hari raya, sehingga Allah Subhanahu Wa Ta'ala menjadikan hari raya secara berurutan, yaitu hari Jumat hari Sabtu dan hari Ahad.   serta di hari kiamat mereka pun akan mengikuti kita seperti urutan tersebut walaupun di dunia kita adalah penghuni yang terakhir namun di hari kiamat nanti kita adalah urutan terdepan yang akan diputuskan perkaranya sebelum seluruh makhluk " Hadits Riwayat Muslim ".


5 ). Kelima, hari Allah menampakan dirinya.

Dalam sebuah riwayat disebutkan hari Jum'at Allah menampakan dirinya kepada hamba-hambanya yang beriman di surga. dari Anas bin Malik dalam mengomentari dan kami memiliki pertambahannya Quran surat 50 ayat 35 mengatakan Allah menampakan diri kepada mereka setiap hari Jum' at.

Nah sobat masih banyak keistimewaan hari Jumat diantaranya adalah  dalam al-musnad dari hadits Abu lubabah Bin Abdul Munzir Dari Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam beliau bersabda: "Penghulunya hari adalah hari Jumat Ia adalah hari yang paling Yang paling utama di sisi Allah.  pada hari Jumat tersebut terdapat lima keistimewaan: hari itu, bapak semua umat manusia, Nabi Adam alaihissalam diciptakan, diturunkan ke dunia, dan wafat pada hari Jumat juga hari kiamat akan terjadi kecuali pada hari Jumat karena itu Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam sangat memuliakan hari ini bahkan mengomentarinya, dan mengkhususkannya untuk beribadah dibandingkan hari-hari lainnya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...